Sunday, September 4, 2011

Cara Berinteraksi dengan Berbagai Tipe Manusia

Manusia mempunyai berbagai macam karakter dan sifat, jika anda bekerja dalam team work, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk berinteraksi dengan teman kerja anda. See...


1. Berinteraksi dengan Manusia yang Sombong

Jika manusia sombong sebaiknya anda memberikan dia kasih sayang dan perhatian dan berikan dia nasihat.
Nasihat yang diberikan sebaiknya dengan cara tidak langsung. Tampakkan kekaguman anda atas pendapatnya dan ambil manfaat yang baik dari pendapatnya. Tunjukkan padanya bahwa dia membutuhkan bantuan orang lain. Berinteraksilah dengannya dengan akal dan hati terbuka.

2. Berinteraksi dengan Manusia yang Kolot

Jika manusia kolot sebaiknya anda harus lebih terbuka menampakkan kebaikan orang lain kepadanya. Usahakan untuk tidak terjerumus dalam kubang perdebatan tentang kepribadian. Sebaiknya batasi waktu pembicaraan dengannya. Berikan nasihat kepadanya dengan tidak langsung dan sebaiknya anda harus lebih banyak diam ketika bersamanya.

3. Berinteraksi dengan Manusia yang Jujur

Jika manusia jujur sebaiknya anda diam dan perhatikan dengan baik ketika dia berbicara. Awali pembicaraan dengan wajah yang bersinar juga santun, tunjukkan padanya bahwa anda mempercayainya dan jangan berusaha keluar dari tema pembicaraan.

4. Berinteraksi dengan Manusia yang Banyak Bicara

Jika manusia banyak bicara "ngomong" sebaiknya potong pembicaraannya dengan cara yang lemah lembut agar permasalahan yang dibicarakan langsung diketahui. Jika dia berbicara sebaiknya jangan pusatkan perhatian kepadanya, dan berpura-pura tidak tahu dengan komentarnya.

5. Berinteraksi dengan Manusia yang Kasar

Jika orang kasar sebaiknya anda harus lebih bersabar dan berhati yang lapang ketika berbicara dengannya. Jangan sampai anda membuka aib-aibnya. Jangan sampai anda jatuh dalam perdebatan "personality".

6. Berinteraksi dengan Manusia yang Berpikir Positif

Tunjukkanlah sikap bersahabat dengannya, berinteraksi dengan jujur, logis. Tampakkan sisi positif yang ada pada dirinya. Ambillah beberapa pelajaran dari sikap dan beberapa pendapat saat dia berbicara.

7. Berinteraksi dengan Manusia yang Ragu-Ragu

Jika manusia ragu-ragu sebaiknya anda mensupport dia. Tataplah dirinya dengan pandangan penuh kepercayaan saat mendengarkan ucapan dan jawaban atas pertanyaan yang anda lontarkan.

8. Berinteraksi dengan manusia yang pendiam

Jika manusia pendiam sebaiknya anda berusaha untuk mendekatinya. Jauhi sikap-sikap yang menggores luka hati maupun perasaannya. Tunjukkan bahwa keberadaan diri dan pendapatnya sangat penting. Bicaralah padanya tentang diri anda, pekerjaan dan problematika anda hingga dia juga menceritakan tentang diri, pekerjaan hingga problematikanya.

9. Berinteraksi dengan Manusia yang suka Menggerutu

Ketika berbicara sebaiknya anda tidak membicarakan masalah-masalah yang rentan dengan perselisihan. Biarkan dia menggebu-gebu dalam berbicara dan jauhkan diri anda dari perselisihan dengannya. Luruskan kesalahan-kesalahannya dengan sindiran, jangan menanggapi pertentangan dengan cara frontal dan kasar.

Apa yang tertulis di atas mungkin tidak sepenuhnya benar dan lengkap, jika ada masukan lain, anda bisa share di sini..
Semoga ada manfaatnya. Amin ya Rabbal 'alamin ^^

Rumoh Aceh (1 September 2011 / 18:06)

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut Sahabat?
Silahkan tinggalkan Komentar Tapi Jangan SARA Yach...!!! ^_^