Wednesday, November 9, 2011

Gejolak Hati

Hati adalah raja..
Begitulah kata pepatah dahulu kala yang masih mempunyai filosofi hingga sekarang..

Menjadi raja bagi tubuh manusia tentunya.
Bila hati sedang di landa kegalauan dan kekhawatiran yang teramat sangat maka kondisi kesehatan akan terganggu.. Misalnya saja ketika khawatir akan pertumbuhan jerawat di wajah yang dulunya mulus, karir yang belum kelihatan pangkalnya juga pendamping hidup yang terlihat masih samar-samar.. Semua itu berujung pada tersumbatnya kerja paru-paru. Orang yang khawatir biasanya akan terlihat pucat karena energi yang ada di paru-parunya tidak seimbang.

Celakanya orang-orang yang mempunyai rasa khawatir yang berlebihAn.
Tapi apa yang harus dilakukan? Semua berjalan seperti air mengalir begitu saja, tanpa ada skenario sebelumnya. Rasa khawatir muncul tiba-tiba dan menyerang penderitanya. Pada saat itulah saat yang tetap untuk mendekatkan diri kepadaNya, memohon pertolonganNya, mengadu kepadaNya atas apa yang sedang terjadi.

Hati adalah raja.. Kebaikan hati akan membuahkan tingkah laku yang baik dan juga sebaliknya dia akan menjadi bumerang ketika kemarahan melanda. Saat kemarahan bergolak, energi yang ada di hati akan mengalir naik ke atas serta bergolak, dan itulah sebabnya bila seseorang sedang dalam kemarahan, wajahnya akan menjadi merah padam dan tubuhnya akan bergetar.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa hati sakit (organ hati) disebabkan oleh sakit hati (perasaan).
Pada saat yang tidak stabil yaitu marah orang seperti membawa bara api yang teramat sangat panas. Orang yang marah akan menanggung sendiri akibat dari kemarahannya yaitu fungsi kantong empedunya akan rusak, karena hati berhubungan erat dengan kantong empedu.
Lalu apa yang seharusnya di lakukan pada saat marah ??

Pada saat marah sangat sedikit orang yang menggunakan pikiran yang jernih ketika berpikir. Orang marah kadang mengambil keputusan tanpa berpikir terlebih dahulu. Tenangkan orang marah dengan cara membujuk atau memberi tarbiyah yang baik kepadanya..
Buatlah si pemarah menjadi lebih rilex, dan kepada si pemarah untuk selalu beristigfar menyebut kalamNya agar hatinya kembali tenang dan dingin.

Wallahu'alam

Rumoh Aceh (8 Nov 11 / 17:03)
By. Rose Dyana Manaf

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut Sahabat?
Silahkan tinggalkan Komentar Tapi Jangan SARA Yach...!!! ^_^