Saturday, November 5, 2011

Pesan Eistein

Pada Tahun 1938, Eistein menyampaikan pesannya kepada Mahasiswa California Institute of Technology, pesannya :

" Tidak cukup bagi kita hanya memahami ilmu agar hasil pekerjaan kita membawa berkah bagi manusia. Perhatian kepada manusia itu sendiri dan nasibnya harus selalu merupakan minat utama dari semua ikhtiar teknisi.
Jangan kau lupakan hal ini di tengah tumpukan diagram dan persamaan".

Referensi: Albert Eistein " Pesan Kepada Mahasiswa California Institute of Technology" ilmu dan perspektif.
Oleh : Jujun S. Suriasumantri.
---------
Sungguh suatu pesan yang perlu direnungkan, karena di tengah tumpukan grafik-grafik dan rumus-rumus kadang kita lupa, sebenarnya ini untuk apa ??

Ternyata ilmu tidak saja memerlukan kemampuan intelektual namun juga keluhuran moral, tanpa itu maka ilmu hanya akan membawa masalah dan bahkan dapat menimbulkan malapetaka.

Eistein juga pernah mengatakan bahwa "ilmu tanpa agama adalah buta, dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh".

Dalam Islam, ilmu yang diwajibkan kepada setiap Muslim untuk mencarinya adalah ilmu yang mengangkat posisi manusia pada Hari Akhirat, dan yang mengantarkan kepada pengetahuan tentang dirinya, penciptanya, para nabinya, utusan-utusan Allah, para Pemimpin-pemimpin Islam, sifat-sifat Tuhan, Hari Akhirat, dan hal_hal yang menyebabkannya dekat dengan Allah.

Tingkatan-tingkatan mencari ilmu berbeda antara seseorang dengan yang lainnya sesuai dengan keahliannya masing-masing. Karena tidak ada pembatasan dalam pencarian kelompok ilmu, dan tahap apapun yang telah dicapai seseorang, masih wajib baginya untuk meraih tingkat yang lebih tinggi ( hal ini tentunya tergantung kapasitas dan kesabarannya juga).

Pengklasifikasian ilmu ke dalam ilmu agama dan nonagama, sepertinya tidak dapat dibenarkan, karena hal itu dapat menyebabkan kesalahpahaman bahwa ilmu nonagama terpisah dari Islam, dan nampak tidak sesuai dengan keuniversalan Agama Islam yang menyatakan dapat merahmati kebahagiaan penuh kepada kemanusiaan.

Kelengkapan dan kesempurnaan Islam sebagai suatu agama menuntut agar setiap lapangan ilmu yang berguna bagi masyarakat Islam dianggap sebagai bagian dari kelompok "ilmu agama".

Wallahu 'alam..

(Dari berbagai Referensi)

-----------------
Rumoh Aceh (Jum'at, 28 Oktbr 2011 / 16:16)

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut Sahabat?
Silahkan tinggalkan Komentar Tapi Jangan SARA Yach...!!! ^_^